Pedoman Bila Mimpi Bertemu Rasulullah

Sering kita dengar ada sebagian orang yang bermimpi melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dan ini tidak ragu lagi adalah haq (benar). Namun perlu dilihat, apakah hal ini secara mutlak demikian? Artinya apakah setiap orang yang melihat mimpi dan di dalamnya ada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, harus kita benarkan (dipercayai) begitu saja tanpa melihat beberapa pedoman untuk menilai pengakuannya itu?

Tidak ragu lagu bahwa hal itu tentunya harus dinilai dengan patokan yang akurat. Dan patokan tersebut justru ditetapkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri.

Dalam Shahih Al-Bukhari, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Siapa yang melihatku dalam tidurnya, berarti dia sungguh telah melihatku. Karena sesungguhnya syaithan tidak dapat menyerupaiku. Dan mimpi seorang mukmin adalah satu bagian dari 46 bagian Nubuwwah (kenabian).”

Juga beliau riwayatkan dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Siapa yang melihatku dalam tidurnya, maka dia akan melihatku dalam keadaan jaga (tidak tidur), dan syaithan tidak bisa menyerupaiku.”

Al-Imam Muslim meriwayatkan dari hadits Jabir radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Siapa yang melihatku dalam tidurnya, maka sungguh dia telah melihatku, karena sesungguhnya syaithan tidak pantas menyerupaiku.”

Maka siapapun yang memperhatikan hadits-hadits ini, tentu akan menemukan beberapa hal. Di antaranya:

1. Shahih (benarnya) mimpi bertemu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam tidur. Sehingga kalau ada seseorang yang datang kepadamu mengatakan bahwa dia melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam (dalam mimpi), maka jangan kau dustakan.

2. Mimpi bertemu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak terbatas pada orang-orang shalih saja. Bahkan ahli maksiat juga bisa melihatnya, karena hadits-hadits tersebut tidak dikhususkan oleh apapun, bahkan diriwayatkan secara umum. Sebab itulah, Al-Imam An-Nawawi mengatakan bahwa mimpi melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berlaku untuk orang yang shalih dan yang selain mereka.

3. Syaithan tidak mungkin menyerupai Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Dan ini merupakan kesempurnaan pemeliharaan Allah Subhanahu wa Ta’ala terhadap Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam.

4. Seharusnya seseorang memahami sifat-sifat fisik Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam agar dapat mengenal dengan tepat, apakah betul yang dilihatnya adalah betul atau bukan. Karena syaithan sangat ahli berdusta, namun dia tidak mampu menyerupai Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Maka selanjutnya, jika datang seseorang dan mengatakan bahwa dia mimpi bertemu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, kita katakan kepadanya: “Ya. Tapi coba terangkan ciri-ciri (keadaannya) kepada kami.” Kalau dia mengatakan: “Saya melihat seorang laki-laki yang pakaiannya menyapu tanah, tidak mempunyai jenggot, di tangannya tergantung untaian biji-biji tasbih yang panjang.” Maka kita katakan kepadanya: “Ini bukan mimpi bertemu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, tetapi syaithan.” Karena syaithan tidak akan mampu datang dengan bentuk dan perawakan beliau yang telah diterangkan oleh nash-nash As-Sunnah yang sudah dikenal, bahwasanya keadaan atau ciri-ciri fisik Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam demikian.. demikian. Jenggotnya demikian, pakaiannya demikian dan demikian.

Maka jika yang datang justru bertolak belakang atau berbeda dengan ciri-ciri beliau ini, ketahuilah bahwa itu bukan mimpi melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Penulis Fathul Mun’im mengatakan: “Akan tetapi ciri-ciri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam perlu dikenal, karena syaithan berusaha menipu manusia dengan berbagai cara. Kadang dia menampakkan diri kepada seseorang seakan-akan dia melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, padahal tidak. Dan ini adalah tipuan syaithan. Tidak ada gunanya ucapan orang yang ada di dalam mimpi: “Saya adalah Rasulullah.” Atau ucapan orang yang dilihatnya bersama sosok itu di dalam mimpi: “Ini Rasulullah.” Karena syaithan mampu berdusta untuk dirinya atau untuk orang lain. Dan sudah banya manusia yang tersesat dalam masalah ini, terutama dari kalangan kaum tarekat sufiah atau sejenisnya, semoga Allah melindungi kita.

Di sini akan kami uraikan sebagian dari ciri-ciri atau sifat-sifat fisik Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam agar dikenal oleh orang yang melihat beliau dalam tidurnya, apakah dia benar-benar melihatnya, atau itu hanya tipuan syaithan.

Ciri-ciri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

1. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam seorang laki-laki yang berperawakan sedang, tidak terlalu tinggi dan tidak pula terlalu pendek.
2. Dadanya bidang.
3. Tidak terlalu jangkung atau terlalu pendek.
4. Tidak terlalu putih bule atau terlalu coklat (sawo matang), tapi antara keduanya.
5. Cerah warna kulitnya, semu kemerahan, seakan-akan wajah beliau seperti cahaya bulan yang indah.
6. Ukuran persendian tiap ruas tulang beliau cukup besar.
7. Kedua mata beliau lebar.
8. Hitam matanya sangat pekat.
9. Mulutnya lebar, giginya agak jarang dan bagian depan berkilau.
10. Hidungnya bagus.
11. Kedua tangannya besar.
12. Jenggotnya lebar dan tebal.
13. Rambutnya hitam, tidak keriting dan tidak pula terlalu lurus, panjangnya kadang sampai dekat telinganya. Uban di kepala dan di jenggotnya tidak sampai dua puluh helai.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber: Kamus Tafsir Mimpi karya Khalid Al Anbari (alih bahasa: Abu Muhammad Harits Abrar Thalib), penerbit: Pustaka Ar Rayyan hal. 228-231.

57 responses to “Pedoman Bila Mimpi Bertemu Rasulullah

    • Berarti antum tidak bermimpi bertemu Rasulullah, karena yg nampak cuma tulisan saja. Adapun tafsirnya, wallahu a’lam. Senantiasalah berprasangka baik agar hidup tdk pesimis.

  1. Bismillaah, Assalamu’alaykum
    Ana pernah bermimpi melihat Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, ana cuma meyakini bahwa yang ana lihat itu adalah beliau. namun ketika ana mau melihat wajah beliau bagaimana mukanya, ternyata Qadarullah ana tdk diperlihatkan muka beliau, karena penglihatan ana tdk jelas (kabur) ketika ana mau melihat wajah beliau. apakah yg dtg dlm mimpi ana benar-benar ini benar2 beliau?

      • bukannya wajah rosul tidak ditampakkan ? terus gimna kalo bermimpi melihat yang tidak kelihatan wajahnya ,hanya pakaian dan di dekatnya ada sahabat ?

  2. assalamu’alaikum
    Saya juga mimpi bertemu dengan seorang yang mengaku beliau(rasulullah), dan menceritakan kalau di dalam kubur, kita akan ditemani oleh amal baik kita dan sekecil apapun amal itu akan menerangi kubur kita. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Persis seperti yang ditanya Salma, ketika melihat beliau wajah dan tubuhnya tidak jelas
    2. Apa maksud arti mimpi saya tersebut?
    Terima kasih sebelumnya

    • Wa’alaikumus salam.
      Bila keadaannya demikian, tentunya kita tdk bisa memastikan (dgn yakin) apakah org dlm mimpi tadi benar2 Rasulullah atau bukan. Dan mimpi di bulan Ramadhan bukanlah menjadi dalil kebenaran sebuah mimpi. Kemudian, memang benar disebutkan dlm hadits shahih bhw setiap orang akan ditemani amalannya di alam kubur, kalau dia beramal baik maka amalannya tsb berwujud manusia rupawan sedangkan bila dia ahlu maksiat maka amalannyi itu berwujud manusia buruk rupa.
      Lalu apa arti mimpi tsb? Allahu a’lam, hanya saja selalulah bersikap optimis dan berharap kebaikan kpd Allah Ta’ala.

  3. Aslmlkm..
    saya bermimpi bertemu Rasulullah, dr cr2 diatas ttg fisiknya smw bnr, kcuali jenggotnya, di dalam mimpi saya, saya melihat Rasulullah masih muda n tidak berjenggot, n sblm kdtgn nya di tandai dg shalawat.. n beliau tidak berkata bahwa itu beliau, tp saya lgsg mengenalnya n saya sendiri heran, di dunia ini saya blm pernah melihatnya, tp wkt di mimpi, saya sgt mengenalnya, mohon penjelasan nya… trims

  4. Sebenarnya bermimpi bertemu Rasul saw. Apapun bentuknya selama kita yakin itu Rasul saw. Maka itu benar.
    Dn masalah bentuk Rasul saw. Dlam mimpi itu tergantung kekuatan iman masing2 umat.
    Semakin kuat iman maka semakin indah dn jelas lah Rasul saw.

  5. Mohon ma’af saya rasa jawaban saudara ihsan Keliru..

    Saudaraku yg kumuliakan,
    sabda Rasulullah saw :
    Barangsiapa yg melihat aku
    dalam mimpi maka sungguh ia
    telah melihatku, dan tiadalah
    syaitan bisa menyerupaiku (Shahih Bukhari). maka semua
    orang yg bermimpi Rasul saw
    walau bukan wujud aslinya
    sudah termasuk mimpi Rasul saw
    tergantung pada kekuatan
    imannya untuk menampung keindahan cahaya Rasul saw,
    sebagian orang berkata, itu
    hanya untuk masa sahabat yg
    benar benar tahu wajah Rasul
    saw, tentu tidak demikian, lalu
    yg dilihat dalam mimpi itu siapa?, syaitan kah?, bukankah
    Rasul saw telah menjelaskan
    bahwa syaitan tak bisa
    menyerupaiku?, maka jelas
    mimpi itu benar
    diperkuat sabda Nabi saw : Barangsiapa yg mimpi baik maka
    itu dari Allah, dan barangsiapa
    yg mimpi buruk itu dari syaitan
    (Shahih Bukhari), jelas sudah
    mimpi Rasul saw itu mimpi
    baik,.maka ia dari Allah Yang Maha benar, dan Alla swt tidak
    berdusta.

    • Akhi, ciri2 Rasulullah sdh dijelaskan di atas, dan syetan tdk akan mampu menyerupai Rasulullah sama persis, ia boleh jadi mampu menyerupai beberapa fisik beliau namun ciri fisik yg lain tidak. Maka bila seorang bermimpi melihat Rasulullah tdk berjenggot, atau gamisnya menyentuh tanah, atau pendek dan kecil, meskipun dia bersungguh2 meyakinkan dirinya adl Rasulullah, maka ketahuilah dia adalah syetan. Shg seharusnya seorang muslim mengenal ciri2 beliau shallallahu ‘alaihi wasallam agar tdk tertipu oleh syetan. Wallahu a’lam.

      • Bukannya sudah Jelas, mungkin memang ada ciri2nya, tp itu sering terjadi dulu pada zaman sahabat rosul, karena memang mereka para sahabat lah yang tau persis fisik rosul. Dan mereka tak pernah menceritakan dengan Heboh tentang mimpinya itu. wallahua’lam

  6. saya dimimpikan di dalam mimpi itu ada wajah yang tersenyum kepada, dan senyum itu belum pernah saya temukan seumur hidup saya senyum seperti itu, kemudian saya bertanya, siapa dia?, ada suara menjawab: Inilah Rasulullah…mohon kejelasan..kalau ada yang bisa menjelaskan..terima kasih.

  7. saya dimimpikan di dalam mimpi itu ada wajah yang tersenyum kepada, dan senyum itu belum pernah saya temukan seumur hidup saya senyum seperti itu, kemudian saya bertanya, siapa dia?, ada suara menjawab: Inilah Rasulullah…mohon kejelasan..kalau ada yang bisa menjelaskan..terima kasih.

  8. Assalamu’alaikum

    Pada suatu waktu tepatnya ba’da waktu zhuhur saya belajar dan masuk di Bab Jenazah kitab Fiqih Wanita Karangan Syekh Kamil Muhammad ‘Uwaidah dan ada salah satu istilah yang saya tidak mengerti yaitu Qiraat..sampai mendekati waktu ashar saya tertidur didalam mimpi saya menemukan pintu besar dan megah, setelah itu saya membuka pintu tersebut dan masuk ke dalamnya. Ternyata di balik pintu tersebut adalah padang rumput yang mana di padang rumput tersebut terdapat 1 orang yang dikelilingi oleh jamaahnya dengan membentuk setengah lingkaran dan orang tersebut berada didepan dengan duduk diatas batu setinggi sekitar 15 cm.

    ada salah satu jamaah bertanya kepada 1 orang tersebut persis seperti apa yang membuat penasaran saya pada bab jenazah dari kitabnya syekh kamil muhammad ‘uwaidah, jamaah tersebut bertanya kepada 1 orang tersebut : “Yaa Rasulallah ? apakah Qiraat itu ?” lalu berliau menjawab “1 Qiraat itu sama dengan pahala 1 gunung” Perawakan dari orang tersebut : 1. Perawakan sedang (tinggi kira 175 s/d 180/183cm 2. Jenggot lebar rapih tidak panjang tapi lebat dan menyambung sampai dengan jambang 3. Kulit tidak putih tidak hitam 4. bagian wajah terlihat seperti pancaran orang yang sering terkena air wudhu yaitu “cerah” 5 warna alis dan jenggot hitam pekat 6. Rambut hitam pekat panjangnya diatas pundak dibawah telinga tapi bagian atas tidak terlihat karena tertutup untalan sorban seperti yang digunakan para wali songo 7. Menggunakan baju gamis seperti yg digunakan ayatullah khomenei yaitu bagian dalam hitam bagian luar seperti abu – abu 8. Tetapi mata tidak sesuai dengan dalil diatas, yang saya lihat tidak lebar dan bagian hitam dari bola mata berwarna hitam pekat 9. tatapan mata sangat tajam mirip-mirip seperti film 300 yg jadi pemimpin spartan tapi dipandang sejuk 10 Wajah tidak lebar dan juga tidak juga kecil

    Apa benar itu rasulullah ?, tapi saya yakin itu rasulullah baginda nabi besar Muhammad SAW

  9. Assalmualaikum wr wb
    perkenalkan nama saya zulmi,saya pernah mimpi berjumpa dengan Rasulullah SAW di awal ramadhan lalu.selepas shalat tarawih saya tertidur.
    saat bermimpi ketika itu saya meninggal(wafat),lalu arwah saya di tarik oleh seseorang lelaki dan ia berkata akan membawa saya ke hadapan Rasulullah.Lalu saya di bawa ke perkumpulan orang (ada beberapa orang) dan dihadapkan ke seseorang yang paling di muliakan disitu.lalu saya bertanya kepadanya: apakah engkau Rasulullah?dan ia menjawabnya “Ya,benar”.Lalu saya bersimpuh dipangkuan beliau sambil menangis.
    benarkah mimpi saya itu?mohon penjelasannya

  10. Saya mencari dan membaca artikel ini,, karna saya tadi malam merasa bermimpi bertemu Rosulullah SAW..

    semoga saja ini menjadi kebaikan dan bukan pertanda dari Syaitan La’nattullah.. aamiin

  11. Demi Alloh saya pernah bermimpi bertemu dengan Rosullullah,ketika itu saya masih seklah kelas dua sma tepatnya 7/8 taun yang lalu, dan ciri2 di atas percis ada pada mimpi saya itu. ketika itu saya masuk ke rumah Rasullullah pintunya ada penutup kain warna hijau setelah itu saya masuk dan bertemulah dengan Rasullulah yang sedang berbaring di tempat tidurnya, salah satu pesan yang disampaikan kepada saya yaitu memerintahkan untuk mengecat masjid. sampai sekarang belum ada yang menjelaskan arti dari mimpi itu, semoga ada yang membei petunjuk dari mimpi saya itu…..

  12. Assalammualaikum wR wB
    maaf nama saya marlin, saya ingin bertanya waktu saya remaja sekitar 16-17 tahun saya pernah bermimpi ” kakak saya mau di jahati banyak orang, dan saya menangis meminta pertolongan hingga ke masjid, dan disana saya bertemu dengan seorang bapak2 memakai baju putih2, berjenggot duduk di tengah masjid dengan terdiam, lalu saya pun menangis meminta tolong ke bapak tersebut untuk menolong kakak saya lalu dia hanya menyuruh membuka telapak tangan saya, lalu saya turuti sambil menangis memohon pertolongan dan dia hanya menyuruh saya tenang karna sudah ada pertolongan untuk kakak saya lalu tiba2 saya melihat pilar/tiang masjid seperti berubah menjadi sesuatu untuk menolong kakak saya… dan bapak itu pun hanya terus tersenyum melihat saya dan tidak berkata apapun lagi…. saya yang dalam kebingungan tiba2 menjadi tenang melihat wajah tersenyumnya yang sangat bercahaya, dan tiba2 ada yang mengatakan ke dalam hati saya bahwa yang ada dihadapan saya adalah Rasulallah SAW tiba2 saya terbangun….. dan setengah tidak percaya, apakah saya benar2 bertemu Rasulallah SAW karna jika disuruh menggambarkan ciri2nya saya tidak bisa, yang saya ingat hanya wajah senyumnya yang bercahaya memakai baju putih2 dan berjenggot…. maaf menanyakan, apakah benar saya telah mimpi bertemu Rasulallah SAW? makasih…….

  13. Memang syaiton tidak bisa menyerupai Rosulullah, tp yang Jelas hanya para sahabatlah yang pernah melihat Rasulullah secara utuh, Jadi jgn asal meng klaim pernah bertemu rasul dalam mimpi. ingat Tipu daya setan itu luar biasa.

  14. assalamualaikum wr. wb.

    sy ingin cerita tentang mimpi sy bertemu Nabi Muhammad SAW,
    dalam mimpi sy dibawa oleh 2 bayangan hitam didalam hutan, tpi hutan’a sangat indah, mnuju 1 orang yg didampingi 2 sosok cahaya yg ada didlam hutan itu, dan saat itu kami berhenti didepan mereka,,,

    lalu bayangan hitam yg membawa sya,, mengatakan laki” yg ditengah adalah Nabi Muhammad,,
    tpi dalam hati saya ragu,,

    lalu 2 sosok cahaya yg ad dikanan kiri beliau mengatakan yg ditengah ini adalah Nabi Muhammad,, dalam hati saya mash ragu,,

    lalu laki” itu berkata Saya adlah Nabi Muhammad SAW..

    sya melihat beliau dari kaki hingga kepala tpi batas pundak hingga kepala saya tdk mampu melihat karna dipenuhi cahaya yg sangat terang hingga buat mata saya silau sekli..

    lalu beliau seperti menulis atau tanda tangan diatas kertas yg berada diatas batu didepan beliau lalu memberikannya kepada saya,, saat stlah itu sy terbangun,, sya bingung apa maksud dr mimpi itu

  15. Assalamualaikum tuan…saya tidak pasti samada yang saya mimpikan adalah Rasulullah S.A.W atau tidak..cerita bermula ketika di tempat kerja saya..sy bertemu seekor burung merpati yang sakit..saya cuba membantu burung itu tetapi hal ini deketahui oleh manager saya dan mengarahkah sy membuang burung itu..ketika sy membuang burung itu hati sy tidak redha kerana kasihan tetapi saya tidak mampu untuk berbuat apa-apa..ketika membuang burung itu saya berselawat dan memandang burung itu dan di dalam hati saya mengharapkan syafaat daripada selawat saya itu dapat membantu burung yang saya buang..pada malam itu saya bermimpi datang seorang lelaki yang saya tidak nampak wajahnya tetapi hati saya kuat berkata bahawa itu adalah Rasulullah S.A.W…dalam mimpi saya lelaki itu merenjiskan air kepada burung yang saya buang pada siangnya..burung itu terus nampak sihat dan lelaki itu mengambil burung itu dengan kedua belah tangannya dan berlalu tanpa berkata apa-apa..dalam mimpi itu saya hanya dapat melihat kedua tangan lelaki itu ketika mengambil burung dan belakang lelaki itu..lelaki itu memakai jubah putih..walaupun nampak dari belakang tapi ia nampak sangat bersih dan suci pada pandangan saya..saya terus terjaga dari tudur ketika itu..jantung saya bergerak pantas dan hati saya tanpa henti berselawat walaupun bukan atas niat dan dorongan dari saya kerana saya terjaga tiba2 dan mengejut..apakah makna mimpi saya tuan? adakah benar itu Rasulullah S.A.W? saya tidak pernah menceritakan kepada sesiapa perkara ini..harap tuan dapat membalas secepatnya ke dalam e-mail saya..saya benar2 ingin tahu..

  16. aku mimpi melihat nabi muhammad sedang duduk di mimbar.tak lama beliau turun dari mimbar tampak sepertti memakai tongkat.beliau tidak bicara sepatah katapun.pakaian yg dikenakanya sudah agak rusak.

  17. assalamualaikum wr. wb.

    nama saya dindin samsudin

    pada hari itu saya lagi sedih..ayah tercinta saya meninggal.. di saat saya lagi menginjak dewasa dan gak tau saya hrs bagai mana..
    setelah kepergian ayah tercinta baru dua minggu.. kaka saya meninggal..
    jiwa dan batin saya labil..merasa allah tidak adil..
    dengan ke sedihan yang mendalam..
    pada suatu mlm saya bermimpi..posisi saya ada di padang pasir..
    tidak ada org atau tumbuhan yg lain ke cuali pohon kurma..
    di saat saya lagi bingung..ada suara tapi ga ada orang..
    suruh melihat ke depan..ternyata di depan ada 5 orng yg memakai gamis putih..
    terus saya di suruh memilih..
    pertanyaannya adalah
    mana diantaranya nabi muhammad saw
    kalu kamu bener menunjukan nabi muhammad
    berarti kamu masih di umat nabi muhammad saw ..
    kalu salah berarti kamu bukan umat nabi muhammad saw
    saya bingung dan gemetar hati saya
    kurang lebih berjarak satu meter ada 5 org yang berbaju gamis putih ..tapi ke luarnya cahaya..hampir semua cahanya sama..tapi diantara yg 5 itu ada cahaya yg beda
    yaitu yang tengah..saya tunjuk aja sambil sujud..
    kata saya.. sambil saya sujud ini malaikat zibril yg tengah nabi muhammad saw..
    kata malaikat jibril..iya bener..itu nabi muhammad..berarti kamu masih umat nabi muhammad..
    saya senang dan gemeter..
    dan apa arti mimpi itu..
    trima kasih

  18. tolong pencerahannya ,,,
    2 kali saya bermimpi … mimpi pertama ketika sy hendak mondok di mimpi itu saya berjalan dengan orang seakan2 saya di tunjukin lokasi pondok yang akan saya tempati lalu ada orang yang berjalan dari belakang mendahului kami aku berkata pada orang di samping saya siapakah orang itu,,, orang di samping saya menjawab bliau rosulullah ,,,,

    apakah itu saya bermimpi rosullullah…

    tolong di jawab di email saya aja … coco_eae@yahoo.co.id
    trims.

  19. assalamualaikum

    sedikit saya tambahkan mungkin ini bisa bermanfaat.
    jika kita bermimpi bertemu Muhammad SAW, alangkah baiknya itu untuk dihayati diri sendiri sahaja, dan sebaiknya itu untuk dijadikan pengalaman pribadi yang sangat sepesial dalam diri kita, sehingga kita harus dapat berprilaku lebih baik lagi dengan belajar mendalami tuntunan Beliau, karena apapun bentuknya tidaklah hadis yang meriwayatkan bahwa jika kamu mimpi bertemu aku maka kenali ciri2ku dengan baik, pencirian itu hanya sebuah maksud baik dari pemahaman beliau beliau yg menghawatirkan terjadinya penyesatan akidah saja.
    Jika memang saudara saudaraku sekalian benar benar telah bermimpi bertemu Beliau (Muhammad SAW) jadikanlah itu sebagi pesan dari mimpi yang baik, dan jadikannlah tolakan keimanan dengan sesungguhnya terhadap pribadi anda sendiri untuk selalu belajar lebih baik dalam berhubungan dengan Allah dan masyarakat serta dengan mahluk lain. Dan suatu hari nanti Insya Allah sedikit demi sedikit petunjuk demi petunjuk (sesuai surat yg kita baca dalam Sholat kita itu) akan anda dapati sesuai janji Allah. bagi yang mau mengeti dan memahami. Salam

  20. saya pernah bermimpi bertemu muhammad, yang aneh muhammad ada 2 orang, dan ada dajjal.
    didalam mimpi tersebut, dajjal berkata bawa satu diantara muhammad ini adalah yang sebenarnya, muhammad yang dimaksudkan dajjal adalah seorang yang banyak bicara, dan selalu membenarkan diri. sedangkan muhammad yang seorang lagi hanyalah diam mendengar tuduhan itu. awalnya saya percaya omongan dajjal.. hanya saya mulai berfikir, barang kali yang benar adalah muhammad yang berdiam diri ini. akhirnya saya dekati dan saya berkata kepada beliau andalah muhammad sebenarnya. beliau tidak menjawab.. dan tetap diam.
    saya pada saat itu tidak melihat wajah rasull, hanya saja perawakannya adalah bertubuh sedang, tidaklah berkulit sangat putih namun sedang, berambut gelombang dan berwarna hitam.
    namun beliau memakai pakai biasa, tidaklah berjubah putih..
    sedangkan dajjal adalah seorang yang besar tinggi, berhidung mancung, berambut keriting putih dan bermata besar. saya tidak tau apakah dajjal matanya satu, karena saya melihatnya di sisi bagian kiri. dan dia memang mengaku dajjal.
    wajah muhammad tidak terlihat oleh saya, walau pun berhadap-hadapan saya tidak dapat melihat wajahnya. jadi saya tidak tau apakah berjenggot tebal atau tidak.
    apakah mimpi saya itu memang benar benar bertemu rasullulah…
    saya bukan orang yang taat beribadah.

  21. Kurang lebih 6 tahun lalu,pas malam takbir.aku tidur sudah jam 3 pagi.
    Aku bermimpi berhadap2an dengan rasulullah di rumahnya,kemudian ada suara seolah berbisik “dialah nabi muhammad”.tapi nabi gak bicara hanya diam dgn mata memandang lurus kedepan dengan duduk bersila dilantai.sayup2 terlihat selendang fatimah yg baru keluar dari ruangan kami.
    Aku lihat pakai sorban putih,bajunya putih.mukanya agak sedikit lebar,pelipisnya lurus,tapi aku melihat tidak ada kumisnya dan hanya sdikit janggutnya.

    tapi mimpiku terpotong
    aku bangun tdur dibangunkan ibuku krna mau subuh.dan bgitu tentram hati ketika bangun itu.

    bagaimana saudara?apakah itu benar wajah muhammad rarulullah.

  22. Assalamu Alaikum Wr Wb?
    Saya Ingin bertanya tadi Subuh saya Bermimpi,Melihat sosok seseorang yang memakai pakai putih yg bersih dan bersinar,matanya tertutup dgan Jubah,Sambil tersenyum dan memutar di sekitar ku dan tdk lama kemudian sosok itu menghilang,akan tetapi pada saat mimpi itu berlangsung seluruh tubuh saya tidak bisa bergerak,akan tetapi di dalam hati saya selalu mengucapkan kata La Ilaha illawlah Muhammad darrawsulullah.

    Yang ingin saya tanyakan apa arti dari mimpi saya,dan siapakah sebenarnya sosok yg ada di dalam mimpi saya.Terimah kasih sebelumnya?

    Wass.

  23. assalamu’alaikum wrwb…. alhamdulillah kemarin malam saya bermimpi bertemu nabi muhammad saw, Dalam mimpi tersebut beliau memakai pakaian putih dengan kerudung putih dengan posisi duduk ,wajah beliau terlihat jelas putih bersih ,badan sedang dengan janggut nya dan alis yang tebal.dan dikelilingi oleh orang orang ( tidak jelas mukanya) yang juga berpakaian serba putih..dalam mimpi tersebut saya di beritahu oleh orang2 yang mengelilingi beliau itulah rasulullah muhammad saw….saat beliau berdiri kemudian saya terjaga..mohon informasi apakah itu benar adanya atau tipu muslihat syaithan??

  24. Suatu malam saya pernah bermimpi kurang lebih dua tahun yang lalu
    Didalam mimpi saya tersebut seolah olah saya berada dalam sebuah masjid namun
    Pada saat itu kehadiran saya menjelang tutup khutba tak lama saya sampai di dalam masjid khutba pun selesai. Ketika sang pembaca khutba itu berjalan turun beliau meminta kepada seluruh jemaah yang ada didalam masjid untuk membacakan surat yasin
    Sambil berjalan mendekat kearahku, seketika beliau berada tepat dihadapanku beliau tersenyum padaku sesaat itu juga didalam hatiku berkata bahwasanya beliau adalah rosul

    Lalu beliaupun tetap berjalan menuju sab sebelah kanan tanpa ada satu katapun untuk mengambil tempat lalu saya pun mencoba untuk sholat disamping beliau

    Yang tampak dalam mimpi saya beliau tak memakai sorban atau penutup kepala apapun
    Tak nampak tua juga terlihat seperti usia 37 atau 40 tahun saja memang kalau perawakannya tak begitu pendek dan tak begitu tinggi
    Karna tinggi beliau kurang lebih sama dengan saya sepintas didalam mimpi sedangankan tinggi saya saat ini kurang lebih 178 cm

    Itu kejadian didalam mimpi saya dua tahun yang lalu

    Nah kurang lebih seminggu ini sayapun bermimpi lagi
    Dimana di dalam mimpi saya tersebut seolah saya berada di atas sebuah bangunan atau didalam bangunan saya juga kurang faham krn saya g melihat sekeliling saya krn tampak kabur begitu saja yang saya alami, namun yang saya sadari dengan jelas bahwa dihadapan saya berdiri seorang pria dan seolah olah dalam mimpi tersebut kami cuma berdua saja
    Pria tersebut tampak memakai sorban namun wajahnya tak tampak oleh ku dan teringat olehku yang kusadari hanya ada sosok pria saja dihadapanku saat itu

    Sosok pria itu tiba2 berkata padaku *disinilah makan rosul* hanya itu kalimat yang dikatakannya padaku tanpa ada kata2 yang lain. Sesaat pria tersebut telah berbicara aku pun menangis sejadi jadinya hingga aku terbangun dari tidur dan meneteskan air mata yang tanpa aku sadari krn ketika terbangun air mata ini telah keluar dengan sendirinya

    Hal diatas adalah kejadian yang saya alami pribadi
    Sengaja saya ceritakan hanya untuk berbagi semata tanpa ada maksud apapun apalgi menjadi sebuah perdebatan
    Makna apa yang terkandung didalam mimpi tersebut masih terus saya gali sendiri krn saya yakin dan percaya bahwa maknanya akan saya temukan suatua hari nanti

    Untuk mimpi saya yang terjadi kurang lebih dua tahun yang lalu pada saat itu kondisi saya
    Bukan golongan yang ahli kitab ataupun manusia yang taat jauh kebalikannya
    Saya akui pada saat itu saya manusia bejad
    1. Saya suka narkoba ( nyabu )
    2. Saya suka melakukan zinah bahkan padaa saat itu hampir setiap hari saya lakukan zinah
    3. Pada saat malam saya akan bermimpi itupun saya ketika belum tidur berujar didalam hati
    Biarlah saya tidak dimasukan didalam golongan nabi muhammad lantaran saya tidur tidak bisa mengikuti seperti beliau yang penting saya bisa tidur dengan nyenyak malam ini
    Baru terjadi mimpi tersebut terjadi

    Mungkin salah satu hikmah yang dapat kuperoleh adalah sekalipun umatnya berhati dan bersifat bejad serta penuh maksiat namun rosul tak pernah sekalipun bahkan sedetikpun untuk meninggalkan umatnya karna beliau mencintai umatnya baik dimasa hidupnya maupun matinya.

    Smoga hal yang telah kutuliskan ini dapat berbuah kebaikan untuk sesama kita manusia amin….

  25. apakah lebih baek kalo mimpi bertemu dg rosul itu tdk d cerita2kan kepada orang laen, cukup kita yakini saja, apakah penulis artikel sdh pernah berjumpa dg rosul, walopun dlm mimpi?

  26. Ini mimpi saya yg terjadi dibulan desember 2013 lalu saya bermimpi bertemu langsung dengan ibu nabi muhammad dan ibu nabi muhammad menggendong nabi muhammad (dalam bentuk bayi) , saya tanya ke ibu tersebut, “ibu ini siapa ?” beliau menjawab saya ibu nabi muhammad yaitu siti aminah dan bayi yg digendong itu adalah bayi MUHAMMAD SAW. Saya kaget luar biasa dan saya minta bukti nya klo itu bayi muhammad, kemudian ibu itu menunjukkan bukti di pundak bayi itu tertulis :khatamman nabbiyyin di pundak nya yg bertuliskan bahasa arab.
    kemudian saya takjub dan kaget kemudian saya terbangun dari mimpi saya yg sangat jelas itu . wallahualam bissawab

  27. Bismillahirrahmanirrahim…

    Mimpi yang baik datangnya dari Allah dan mimpi yang buruk datangnya dari syaitan.. dan aku yakin syaitan tidaklah mampu menyerupai Rasulullah SAW. dan Inshaa Allah syaitan pula tidak akan mampu mengakui dirinya Rasulullah.. jadikanlah mimpi yang baik itu renungan yang penuh hikmah bagi kita semua.

    saya ingin bercerita mengenai sebuah mimpi yang Inshaa Allah mimpi itu baik. saya melihat ada seseorang yang datang agak terburu2 lewat di hadapanku dan dia berhenti sejenak, pria tersebut memakai penutup rambut namun bertelanjang dada.. badannya berisi sedikit kekar namun tidak terlalu. pusar sampai kakinya tertutup menggunakan kain khas arab berwarna putih hujau. pria tersebut berkata ” Saya akan bertemu Rasulullah…” dia kelihatan terburu2.. Saya hanya bisa berkata “Saya titip salam buat Beliau”. kemudian laki2 itu hilang begitu saja.

    saya tidak tau arti mimpi tersebut namun Inshaa Allah saya yakin mimpi itu baik.. Inshaa Allah.

  28. Maaf ustad saya mau tanya apakah orang yg mimpi ketemu rasul artinya dia akan dapat syafaat kelak dari rasul mohon penjelasannya

  29. Assalammualaikum
    Saya ingin bertanya.. saya didatangi mimpi dua org lelaki dtg kpd saya. Seorg lelaki berjubah berjalan kaki dengan seorg lelaki diatas seekor kuda berjubah putih bersinar2 sehingga menyilau pemandngan seraya lelaki yg berdiri itu mengatakan kpd saya ini Nabi Muhammad. Saya terus memandang lelaki yg diatas kuda itu namun tidak dpt melihat wajah dgn jelas krn beliau bersinar2 sehingga saya cuba melihat wajahnya saya xmampu.namun dlm keadaan yg ssh saya cuba melihat wajahnya dn wajahnya sungguh bersih dn putih dn cntik.tp saya xdpt melihat lama krn kilauan cahaya putihnya.
    Adakah benar mimpi saya itu bertemu Rasulullah?

  30. Assalamu ‘alaikum wr.wb
    Saya pernah bermimpi bertemu Rasulullah. Saya melihat Rasulullah memakai baju yg sangat putih sambil berjalan dengan menunduk lalu duduk bersila dan ketika itu saya langsung mendekati Beliau dan duduk juga. Saya pandang wajah Rasulullah duh wajahnya bercahaya emas, duh wajahnya lebih indah dari pada bulan purnama, duh wajah Rasulullah berseri-seri, indah dipandang dan menawan hati. Duh memandang wajah Rasulullah membuat hati damai dan tentram. Setelah memandang wajah Beliau, saya melihat Beliau tertawa dan tersenyum sementara saya menangis tersedu-sedu. Saya memang menangis pada saat itu tapi saya tetap merasakan kebahagiaan tiada tandingannya. Itulah mimpi terindah yang pernah alami, saya juga pernah bermimpi masuk syurga tapi bermimpi bertemu Rasulullah lebih indah daripada bermimpi masuk syurga. Banyak-banyaklah berzikir di dalam hati saudara terutama Laa Ilaaha Illallah. Usahakan lakukan zikir dalam hati yaitu Laa Ilaaha Illallah minimal 10.000/hari.

  31. menurut sy knpa waktu kita mimpi bertemu junjungan kita nabi muhammad saw, jarang ada yg bisa melihat muka baginda secara langsung, itu merupakan sebuah karunia allah swt supaya kita yg sudah berjumpa dlm mimpi terhindar dari menuhan kan beliau. jgn sampai kita seperti orang kristen yg melihat dan menuhan kan yesus berupa gambar. semoga allah melindungi kita semua amiin…

  32. Saya pernah bermimpi berada disebuah mesjid dan berzikir bersama orang-orang yang yang ada didalam masjid, tiba-tiba ada sesosok pria datang kepada saya dan memberikan Al Qur’an dan saya disuruh membaca, pada saat saya membaca saya terbangun dari tidur. Apakah didalam mimpi saya itu benar-benar melihat Rasulllah. mohon balasannya

  33. Penulisnya ADALAH WAHABY….INI PEMBOHONG……NABI DALAM MIMPI TIDAK HARUA SEPRTI YANG DIURAIKAN….YANG PENTING BERKEYAKINAN DALM MIMPI ITU NABI..YA ITULAH NABI..GAK HARUS BERJENGGOT DAN TIDAK ISBAL…YANG MENULIS PALING BELUM PERNAH BERMIMPI…..BODOH

  34. Gan sy mau tanya. Semalam sya bermimpi . Ataukah itu nabi atau bukan. Waktu itu ibu sya umroh dangan bude saya. Trus saya itu rsanya terbang untuk ikut dia. Nyampek di ka’baitullah saya mlihat sinar biru di atas ka’bah dan sinar biru itu memunculkan sosok seseorang laki-laki. Dan dia mengucapkan salam pda saya. Dan dia nyuruh pengawalnya untuk mmanggil saya. Stelah saya sampai dan dia berkata cintailah allah. Jgn pernah mninggalkan sholat yg 5 wktu.
    Stelah itu dia mngajak sholat berjama’ah dan diapun jadi imamnya.
    Ciri ciri dia .
    1 kulitnya bersih dan kuning
    2 matanya bolak
    3 rabutnya hitam tidak terlalu panjang dan ber gelombang
    4 tidak terlau kurus dan tidak pula terlalu gemuk.
    5 tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek.
    Dan pengawalnya memanggil beliau dgn sebutan kanjeng nabi .
    Apakah itu seorang nabi atau hanya perbuatan syaithan saja gan mhon penjelasannya gan.?

  35. Assalamu’alaikum….saya juga pernah bermimpi di malam hari…di dalam mimpi saya melihat kelangit tiba2 ada cahaya besar yang bertuliskan harakat Muhammad…..dan sekilas ada masjid besar dan megah….tapi juga di langit angkasa…..

    …apakah salah jika saya bangga dan

  36. Assalamualaikum, saya ingin bertanya tentang mimpi bertemu rasullallah karena saya ragu itu rasul atau bukan, saya 4 kali bermimpi yg seperti itu, pertama kali saya bermimpi saya melihat suatu kerumunan orang-orang lalu saya bertanya ada apa disana dan mereka serentak bilang disana ada rasullallah, lalu saya mencoba melihat wajahnya dan yg saya sempat lihat hanya telapak tangannya yg bercahaya dan putih bersih, kedua saya bermimpi ketika saya sedang solat di suatu jalan saya diganggu sama beberapa orang hingga akhirnya solat saya batal lalu saya bergegas menuju masjid dan didalam perjalanan itu saya bertemu dengan kawan saya dan dia bilang ada rasul di rumahku lalu saya bergegas kesana untuk menjumpainya tapi ketika saya sampai disana orang rumah temen saya bilang kalau beliau sudah pulang kerumahnya setelah itu saya menangis karena tidak bisa berjumpa dengan beliau,ketiga saya bermimpi berada di suatu tempat dan tempat itu terdapat kuburan dengan nama muhammad bin abdullah lalu dibelakang saya ada seseorang dengan mata coklat oranye dengan wajah yg tua keriput jenggotnya putih beruban dan tatapan matanya kosong menuju ke arah nisan tersebut yg anehnya lagi saya memanggilnya dengan sebutan paman,ketika saya berteriak paman itu seketika pula ada seseorang yg menunjuk kearah sebelah kanan saya ketika saya lihat ada seseorang yg sedak duduk bersila dengan baju warna seperti abu-abu dan wajahnya bercahaya lalu orang yg menunjuknya itj berkata itu adalah nabi dan saya dengar suara dan perkataan yg bukan dari manusia,kata-katanya indah bagai syair dan puisi namun bukan syair dan puisi,suaranya merdu dan menyejukkan hati,keempat saya bermimpi di suatu rumah yg bersih saya tidur-tiduran lalu pipi kanan saya dicium oleh seseorang yg wajahnya bercahaya dan postur tubuhnya tidak tinggi dan tidak pendek, awalnya saya panggil dia nabi tapi ketika dia keluar dari rumah dan mau menutup pintu saya memanggil dia dengan sebutan jibril secara spontan.
    saya bingung dan gundah apakah yg saya temui ini adalah nabi atau apa, karena jujur saya bukan seseorang yg solatnya masih tidak tepat waktu, tolong jawab pertanyaan saya ini karena saya bingung apakah benar itu beliau atau bukan,jika itu beliau apa maksud dari mimpi saya ini dan jika bukan beliau apa maksud dari mimpi saya ini?

  37. Assalamualaikum..

    Saya melihat sesosok wanita berpakaian putih duduk dekat Sebuah cermin, yang di cermin tersebut ada sebuah tulisan berwarna merah ‘ ROSULLUHI’

    Mohon di jelaskan tentang mimpi saya

  38. asalamualaikum, saya pernah bermimpi berada di mekah almukaromah dan saya berada dekat dengan ka`bah da diantara orang orang yg sedang tawaf sambil mendengar labaik allahuma labaik labaik kala sari kala kala baik, dan di mimpi berikutnya saya melihat kakek dg baju ihram janggut panjang putih dg membawa tasbih seolah olah akan berjalan di jalan setapak. yang saya heran kakek ini wajahnya bercahaya bersih dan tidak tua walau dengan janggutnya yang putih. apa hikmah yg ada dibalik semua itu ya? kesalahan, hilaf dan dosa mutlak datangnya dari saya, namun datangnya kebenaran itu mutlak datangnya dari ALLAH SWT.

    • Asalamualaikum saya pernah bermimpi jg pak ustad wktu itu sblm bermimpi saya sering puasa senin kamis dan d dalam puasa saya mnt ilmu kbatinan ilmu kesabaran.selang beberapa hari sayaber mimpi bertemu nabi muhamad dan dia senyum kepadaku.dan aku bertanya siapa anda dia jawab muhamad.aku pun bingung kok bisa brtmu nabi .dan di menyuruh ku untuk perbanyak solat.dan ciri2 nya hmpir sama cm muka nya silau trang bgt cahaya nya aku g bsa liat jls mukanya

  39. assalamuallaikum,
    saat itu saya sedang di Rs. menjalani operasi. saya bermimpi berjalan dilorong yangbisa dikatakan semua berwarna putih dan dan bunga yang menjalar pada bangunan bangunan itu juga berwarna putih lalu saya melhat seorang anak kecil berlarian sendiri, dengan riangnya berlarian dan terus tertawa. lalu tiba tiba saya seperti berpindah tempat yang berbeda disana luas, tanpa dinding dan berkabut lalu mata saya tiba tiba tertarik pada seorang pria berjubah putih panjang, kulitnya bersih dan berwarna sawo matang tetapi sedikit lebih putih dan sepertinya beliau juga berwibawa terlihat sekali dari auranya, beliau sepertinya juga juga tampan terlihat dari perawakannya, terlihat samar- samar pada bagian kepalanya. saat itu posisi saya jauh dibelakang beliau dan beliau berada disebelah kiri depan saya. saya tetap memandang beliau. terdiam kaku dan terus mengamati beliau. entah kenapa pandangan saya memang benar- benar tertarik pada sosok beliau yang berdiri tegak didepan saya. apakah beliau Rasulullah.? dan apakah saya saat itu sedang mati suri.?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s