Anak, Cobaan atau Perhiasan?

Pertanyaan: Bagaimana menggabungkan antara firman Allah ta’ala,

“Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (At Taghabun: 15), dan firman-Nya,

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia.” (Al Kahfi: 46)

Jawaban:

Dan (ayat) ini juga (menguraikan) tentang perhiasan. Tidak disangsikan lagi bahwa perhiasan ini, terkadang menjadi fitnah bagi manusia, yang menyibukkannya dari mengingat Allah. Ini adalah fitnah yang sangat besar,

“Hai orang-orang berhman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang merugi.” (Al Munafiqun: 9)

Merupakan kerugian yang sangat besar, bilamana engkau terfitnah sehingga (melalaikan) zikrullah, shalat, haji dan ibadah lainnya disebabkan oleh anakmu. Terkadang anak itu bisa jadi pemicu seseorang menjadi bakhil dan lemahnya hati. Oleh karena itu, waspadalah dari anak ini, yang Allah telah memberi rezeki ini kepadamu. Karena kelak akan menjadi fitnah bagimu dan sebaliknya justru akan menjadi nikmat bagimu bila dia taat kepada Allah Azza wa Jalla.

Adapun jika dia menjadi fitnah bagimu, maka kamu akan merugi, sebagaimana Al Qur’an telah menerangkan hal tersebut. Jadi hal ini harus menjadi perhatian. Sebab terkadang manusia bilamana Allah memberi rezeki kepadanya berupa anak, maka dia tersibukkan dari berbagai kewajiban. Jika dia telah tersibukkan dari kewajiban-kewajiban, lalu mendahulukan kecintaannya kepada anak tersebut di atas kecintaan kepada Allah. Maka kecintaan ini berubah menjadi maksiat.

Diambil dari buku: Anak Amanah Ilahi karya Asy Syaikh Yahya bin Ali Al Hajuri (penerjemah: Abu Abdurrahman Abdul Aziz As Salafy dan Ummu Abdurrahman), diterbitkan oleh Penerbit Al-Husna bekerjasama dengan Al Fath Media, hal. 76-77.

One response to “Anak, Cobaan atau Perhiasan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s