Bolehkah Wanita Menjadi Imam Suaminya karena Lebih Berilmu?

Pertanyaan ke-247: Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya: Bolehkah saya mengimami suami saya dalam shalat, dengan alasan bahwa saya lebih banyak paham dan dan belajar, yang mana saya mengajar di fakultas syari’ah, sementara dia setengah buta huruf?

Jawaban:
Tidak dibolehkan wanita mengimami laki-laki, baik laki-laki itu suaminya, anaknya ataupun ayahnya, sebab wanita tidak boleh menjadi imam laki-laki, karena itu Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Tidak akan beruntung suatu kaum yang menyerahkan perkara mereka kepada wanita.”

Bahkan sekalipun wanita itu lebih paham (terhadap Kitabullah), ia tetap tidak boleh mengimaminya, adapun sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam:

“Hendaknya kaum ini diimami oleh orang yang paling bagus bacaannya dalam Kitabullah di antara mereka.”

Maka wanita bersama laki-laki tidak tercakup dalam khithab ini, Allah Subhanallahu wa Ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olokkan).” (Al-Hujurat: 11)

Allah telah membagi masyarakat menjadi dua bagian, yaitu kaum laki-laki dan kaum wanita, berdasarkan ini maka tidak termasuk dalam kategori sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam:

“Hendaknya kaum ini diimami oleh orang yang paling bagus bacaannya dalam Kitabullah di antara mereka.” (Fatawa al-Mar’ah, hal. 38)

Sumber: Fatwa-fatwa tentang Wanita 1 (Al-Fatawa Al-Jami’ah lil Mar’atil Muslimah), penyusun: Amin bin Yahya Al-Wazan, penerjemah: Amir Hamzah Fakhruddin, penerbit: Darul Haq, cet. III, Syawal 1423 H / Januari 2003 M, hal. 172-173.

One response to “Bolehkah Wanita Menjadi Imam Suaminya karena Lebih Berilmu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s