Cara Membuat Cadar Kotak 3 Lapis Berpurdah (3 Layer Niqab)

Oleh: Ummu Shofiyyah al-Balitariyyah

Segala puji bagi Alloh yang telah menurunkan syari’at hijab bagi kaum muslimah, agar dengannya mereka dapat menjaga aurat dan kehormatan mereka. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah atas Rosululloh yang diutus sebagai rahmat bagi sekalian alam, dan keluarga beliau, serta para shahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jalan mereka sampai hari kiamat kelak. Amma ba’du:

Melanjutkan praktek membuat cadar kotak yang telah lalu, sekarang ana akan share cara membuat cadar kotak tiga lapis (dengan lapisan purdah) atau biasa disebut 3-layer niqab oleh para akhwat yang berasal dari negara-negara barat.

Cadar berpurdah ini banyak dipakai oleh para akhwat Salafiyyat, terutama di negeri-negeri Arab. Adapun di Indonesia, masih jarang yang memakainya, biasanya dipakai para akhwat di pondok-pondok pesantren bermanhaj Salaf. Dan juga kelihatannya masih ada akhwat maupun ikhwan yang sudah ngaji yang masih “alergi” dengan cadar apalagi purdah ini karena dianggap “menyeramkan” dan lain sebagainya, Allohul Musta’aan

Baiklah, kita mulai praktek membuat cadar 3 lapis ini…

Cadar ini terdiri dari tiga lapis kain, lapisan kepala, lapisan wajah dan lapisan purdah.

Adapun langkah-langkah membuat cadar ini adalah sebagaimana pada berikut :

[1] Ikuti langkah 1 sampai 6 (gambar 1 sampai 9) pada cara membuat cadar kotak dua lapis yang telah lalu. Kain untuk lapisan wajah dan lapisan kepala yang dibutuhkan adalah sama seperti yang telah lalu :

Lapisan kepala : panjang = 67 cm; lebar = 54 cm

Lapisan wajah : panjang = 45 cm; lebar = 42 cm

Gambar 1, 2, 3 & 4

*** ummushofi.wordpress.com ***

Gambar 5, 6, 7, 8 & 9

[2] Adapun untuk lapisan purdah kain yang dibutuhkan adalah jenis kain yang transparan, biasanya ana memakai bahan Sifon, dengan ukuran sebagai berikut :

___Panjang = 55 cm; Lebar = 42 cm

Sebagaimana lapisan kepala & wajah, bagian bawah dan samping lapisan purdah ini dineci juga, seperti pada gambar di bawah ini:

Lapisan PurdahLapisan Purdah

[3] Selanjutnya susun lapisan kepala, lapisan purdah dan lapisan wajah sebagaimana pada gambar 10. Lapisan kepala di bagian bawah, lalu lapisan purdah di bagian tengah dan lapisan wajah diletakkan paling atas. Seperti cara yang telah lalu, lapisan wajah dan lapisan purdah diletakkan agak ke bawah yaitu 6,5 cm di bawah lapisan kepala.

Gambar 10, 11 & 12Gambar 10, 11 & 12

___Keterangan:

____ . _ . _   = Lipat

___——— = Gunting / potong

[4] Bagian atas lapisan kepala kemudian dilipat kedalam sepanjang 3,5  cm lalu dijahit dengan lapisan purdah dan bagian pinggir lapisan wajah yang tidak dilipit. Sedangkan bagian tengah yang dilipit tidak ikut dijahit karena sebagai lubang untuk mata. Hasilnya dapat dilihat sebagaimana gambar 11.

[5] Pasang perekat (kretekan) dibagian tepi atas lapisan kepala sebagaimana pada kotak abu-abu dalam gambar 12, dan yang perlu diperhatikan dalam cara memasangnya adalah perekat sebelah kiri dipasang berlawanan arah dengan perekat sebelah kanan; perekat sebelah kanan menghadap ke dalam dan perekat kiri menghadap ke luar, dan… selesai.

Hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut:

Cadar 3 Lapis (3 Layer Niqab)

Cara memakainya :

Sama persis dengan cadar kotak biasa, bagian lubang mata dipaskan ke mata, lalu kedua ujung perekat (kretekan) dilingkarkan ke kepala dan direkatkan di bagian belakang, lalu kain lapisan kepala disibakkan ke atas & lapisan purdahnya tidak disibakkan ke atas.

Semoga bermanfaat..!!

 

Sumber:  http://ummushofi.wordpress.com/2010/09/23/cara-membuat-cadar-kotak-3-lapis-berpurdah-3-layer%C2%A0niqab/

One response to “Cara Membuat Cadar Kotak 3 Lapis Berpurdah (3 Layer Niqab)

  1. BISMILLAH..UM ANA IJIN SHARE..AGAR TEMAN2 YG LAIN BISA MEMBUAT CADAR SENDIRI..SANGAT BERMANFAAT UM..JAZAKILLAH KHOIR UM WA BAROKALLHU FIIKH…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s